Penjual Yang Baik

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiaplangkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman

TIPS JADI PENJUAL YANG BAIK

Sebagai seorang penjual, Anda tentu harus memiliki beberapa hal di bawah ini.

1. Menguasai benar-benar apa yang akan Anda "jual"

Anda akan lebih berhasil jualan apabila Anda mengetahui benar-benar apa yang Anda sampaikan. Pelajarilah ciri khas produk Anda, apa manfaat utamanya, apa kelemahannya, apa kekuatannya, dan harga atau biayanya.

2. Pintar berkomunikasi

Kembangkan kemauan Anda kepada pembeli. Perlu keramahan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Jangan lupa disiplin waktu dan tepatilah janji Anda.

3. Bantulah calon pembeli mengambil keputusan

Calon pembeli biasanya ragu-ragu. Yakinkan dia bahwa tawaran Anda itu bagus dan tepat bagi dia. Kalau perlu buatkan perbandingan dengan produk sejenis. 

Setiap kali calon pembeli mengutarakan keberatan, hendaknya Anda siap dengan jawabannya. Namun terlebih dahulu katakan "ya, tetapi..." Jangan sekali-kali memaksa.

4. Manfaatkan peluang dengan baik

Agar calon pembeli benar-benar membeli, maka Anda harus awas dan jangan melepas peluang begitu mereka menampakkan tanda setuju. 

Penjualan tidak sekaligus, tetapi langkah demi langkah akan membawa pada keberhasilan. Ikuti dengan sabar, dan segera manfaatkan peluang begitu mereka nampak bersedia. 

Setelah penjualan, Anda berikan informasi dan alamat jelas untuk follow up jika ada masalah di kemudian hari. Ada kemungkinan mereka akan membeli lagi lain kali. 

Kalau di dunia online, ajak pembeli untuk follow akun toko online Anda atau akun ig, tiktok, subscribe channel telegram, atau fanspage fb.

5. Sabar

Sebagai penjual, Anda pasti akan sering bertemu dengan banyak calon pembeli dengan beragam karakter. 

Mungkin Anda akan suka dengan tipe pembeli yang baik, tapi bagaimana jika bertemu dengan pembeli yang suka banyak tanya dan arogan? 

Kuncinya adalah "sabar". Bagaimanapun pembeli adalah raja. Diperlukan kesabaran dalam menghadapinya.

Semoga bermanfaat

0 Response to "Penjual Yang Baik"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak