Lima Langkah Bisnis Melesat

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiaplangkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman

5 LANGKAH BISNIS MELESAT

Bicara soal bisnis tentu kita ingin bisnis kita berkembang dan bertumbuh bisa lebih cepat hingga melesat. Nah, untuk itu seorang pengusaha apalagi pengusaha pemula mesti memiliki bekal atau langkah-langkah agar bisnis ini bisa lebih cepat pertumbuhannya.

Keterampilan apapun misalnya membuat kue donat jika dipahami langkah-langkahnya maka akan menghasilkan kue donat yang empuk, enak dan rasanya pas akan kita nikmati.

Kok, jadi kue donat ya hehe, sebab saya sangat suka buat kue donat, salah langkah kue ini bisa bantat, tidak mengembang, dan tidak empuk. Jadi, mesti mengerti langkah-langkahnya.

Begitupun dengan bisnis ternyata ada langkah-langkah yang harus diperhatikan agar ia bisa berjalan dan bertumbuh dengan cepat. Diantaranya, sebagai berikut:

1. Bisnis yang halal

Halal adalah standar bagi seorang muslim dalam melakukan amal, sebab kehalalan ini adalah sebuah prinsip yang tidak bisa ditawar dan tidak bisa dikompromikan. 

Maka memastikan bahwa produk yang dijual halal adalah hal pertama yang diperhatikan, dan tidak hanya produknya bahkan sistem distribusi dan akad penjualannya pun halal. 

Maka, insya Allah jika produk dan sistem penjualan halal maka bisinis ini menjadi berkah dan hasilnya juga berkah.

2. Komunitas yang baik

Komunitas adalah sebuah perkumpulan dalam menjalankan bisnis, komunitas yang baik akan membuat bisnis ini bisa lebih nyaman, misalnya disatukan dalam aqidah yang sama maka ini adalah awal ikatan yang prinsip dan mampu menumbuhkan silah ukhuwah yang kuat.

Di dalamnya tidak saling menjatuhkan justru saling bantu dan saling menolong, di dalamnya bukan persaingan tapi saling dukung sukses mensukseskan, nah indahnya komunitas yang dibangun atas aqidah islam. Jadi semakin yakin bahwa komunitas yang baik akan menjadikan bisnis berkembang dan melesat.

3. Sistem dan pembinaan yang baik

Sekarang bisnis yang saya temukan juga memberikan pembinaan untuk para mitra, nah pembinaan disini yang bisa memperikan efek yang baik dalam bisnis adalah tidak hanya memberikan pembinaan bagaimana marketing dan pengembangan bisnis, namun juga memberikan pembinaan karakter sebagai seorang muslim.

Nah, ini adalah bisnis yang memberikan nilai lebih. Sebagai seorang muslim kita punya kewajiban yang harus dijalankan, maka bisnis yang seperti ini tidak hanya melahirkan para pengusaha tapi juga mencetak pribadi muslim yang paham tentang agamanya. 

4. Fokus dalam menjalankan

Fokus di sini adalah bagian dari keseriusan, amal apapun yang dilakukan sebagai seorang muslim hendaknya berupaya untuk fokus dan tidak setengah-setengah. 

Misalnya, ketika sedang ibadah, fokus ibadah ini dilakukan hanya untuk Allah sebab sebuah ibadah tanpa disertai niat yang lurus maka sia-sialah amal ini, sebuah amalan akan diterima ketika niat dan caranya benar. 

Begitpun dalam menjalankan amanah jika tidak fokus maka bisa jadi amanah ini tidak tertunaikan dengan baik. 

Demikian juga dengan bisnis hendaknya ketika sudah terjun kedalamnya juga serius tidak setengah-setengah dan ketika fokus maka hasilnya pun menjadi wah. Tidak heran pertumbuhannya pun akan jauh melesat. 

Kefokusan dalam hal ini tentu juga tidak menomorduakan kewajiban-kewajiban lainnya, kewajiban sebagai ibu mengurus anak dan rumah tangga tidak dilalaikan karena bisnis, amanah sebagai seorang hamba Allah tidak terlalalikan dengan bisnis, juga kawajiban dakwah dan syiar islam tidak terlalaikan karena bisnis. 

Nah, dengan bisnis yang praktis emak-emak masih bisa mengurus anak-anaknya dan ibadah juga amalan dakwah tetap bisa dilakukan sehingga kewajiban yang lainnya tidak terlalaikan. 

Tidak heran kita sering mendapatkan pertolongan Allah dalam bisnis, dengan rezeki yang tidak disangka-sangka. Kuncinya adalah taat pada Allah dan menolong agamanya, maka Allah mudahkan dan menolong bisnis kita.

5. Dimentori oleh orang yang sukses

Sebagai pemula dalam bisnis, mentor ini sangat penting sebab mereka adalah orang yang sudah melewati proses hingga menjadi sukses, jadi resiko bisnis, lika-liku menghadapi pelanggan dan juga bagaimana mereka meraih kesu

0 Response to "Lima Langkah Bisnis Melesat"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak