Bagi Yang Tidak Bisa Haji

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiaplangkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman.

BAGI YANG TIDAK BISA HAJI 

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda :

ﻣﺎ ﻣﻦ ﺃﻳﺎﻡ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﺍﻟﺼﺎﻟﺢ ﻓﻴﻬﻦ ﺃﺣﺐ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻨﻪ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻷﻳﺎﻡ ﺍﻟﻌﺸﺮ . ﻗﺎﻟﻮﺍ : ﻭﻻ ﺍﻟﺠﻬﺎﺩ ﻓﻲ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﻠﻪ ? ﻗﺎﻝ : ﻭﻻ ﺍﻟﺠﻬﺎﺩ ﻓﻲ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻻ ﺭﺟﻞ ﺧﺮﺝ ﺑﻨﻔﺴﻪ ﻭﻣﺎﻟﻪ ﻭﻟﻢ ﻳﺮﺟﻊ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﺑﺸﻲﺀ

"Tidak ada hari-hari dimana suatu amal shalih pada saat itu lebih dicintai Allah dari pada hari-hari ini, yaitu sepuluh hari (pertama) dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya : "Ya Rasulullah, tdk juga jihad fii sabilillah ?" Beliau menjawab : "Tidak juga jihad fii sabilillah, kecuali orang yg keluar (berjihad) dengan jiwa & hartanya, lalu tdk kembali dengan sesuatu apapun (yaitu mati syahid)" (HR. Bukhari no. 969, hadits dari Abdullah bin 'Abbas)

Imam Ibnu Rajab رحمه الله berkata :

‏من عجز عن الحج في عام، قَدِر في العشر على عمل يعمله في بيته يكون أفضل من الجهاد الذي هو أفضل من الحج

"Barangsiapa tidak memiliki kemampuan utk berhaji pada suatu tahun, maka pada 10 hari (pertama bulan Dzulhijjah) ia bisa mengerjakan amalan di rumahnya yang lebih utama dibandingkan jihad, yg jihad itu sendiri lebih utama dibandingkan dgn ibadah haji" (Lathaa-iful Ma'aarif hal 381)

Di antara amal shalih itu seperti :

01. Memperbanyak dzikir kepada Allah seperti takbir, tahlil, tasbih dan tahmid

02. Memperbanyak taubat dan istighfar

03. Memperbanyak puasa sunnah dari tgl 1 s/d 9, terutama puasa arafah di tgl 9

04. Memperbanyak tilawah al-Qur'an

05. Memperbanyak shalat sunnah

06. Menyembelih hewan qurban

07. Memperbanyak bersedekah

08. Mempelajari ilmu agama

09. Memperbanyak doa-doa

10. Memperbanyak shalawat 

11. Amar ma'ruf nahi munkar

12. Berbakti kepada orang tua

✍ Ustadz Najmi Umar Bakkar

0 Response to "Bagi Yang Tidak Bisa Haji"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak