Mengenal Jenis Jenis Kurma

Mengenal Jenis Jenis Kurma
 Ψ¨ِΨ³ْΩ…ِ Ψ§Ω„Ω„ّΩ‡ِ Ψ§Ω„Ψ±َّΨ­ْΩ…َΩ†ِ Ψ§Ω„Ψ±َّΨ­ِيْΩ…ِ
Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wassallam, keluarga, dan para sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu setia dan Istiqomah hingga hari akhir.

Sudah dari jaman dulu, bila saatnya bulan Ramadhan tiba maka barulah banyak oraang-orang yang ingin makan kurma khususnya di Indonesia , begitu pula di dunia buah Kurma akan menjadi salah satu makanan khas Ramadhan terpopuler yang banyak diminati untuk dijadikan sebagai menu atau sring disebut sebagai ta’jil berbuka puasa.

Untuk umat muslim kurma merupakan makanan yang di sunahkan untukdi makan, apalagi saat berbuka puasa di awali dengan buah Kurma juga merupakan salah satu sunnah nabi Muhamad Shallallahu 'Alaihi Wassallam, dan baru kemudian  memakan makanan lainnya. Selain itu kurma juga banyak mengandung zat gizi yang di perlukan tubuh kita.

Di dunia ini ada bermacam macam jenis kurma, di perkirakan ada 400 macam jenis kurma di Arab Saudi, ini belum yang termasuk negara Mesir, Irak, serta tempat lain lainnya. Adapun buah kurma yang terpopuler saat ini yaitu :

1. Buah Kurma Ajwa

Disebut juga” Kurma Nabi “, karena Kurma Ajwa ini merupakan buah Kurma favorit oleh nabi besar umat Islam yaitu Nabi Muhammad SAW.  Namun kurma ini hanya dapat tumbuh di kota Madinah, dan memiliki rasa yang tidak terlalu manis, berwarna hitam sehingga hampir menyerupai kismis.

2. Buah Kurma Barhi

Hampir sama dengan kurma lain lainnya yang bentuknya hampir silinder dan memiliki warna kuning terang. Adapu kelebihan dari kurma Barhi yaitu bisa di bekukan dan disimpan di dalam lemari es yang disimpan berbulan bulan.

3. Buah Kurma Kholas

Memiliki rasa seperti karamel , dengan bentuk yang hampri mirip dengan kurma Barhi, memiliki tekstur yng empuk dengan rasa yang tidak terlalu manis.

4. Buah Kurma Khidri

Merupakan salah satu jenis kurma yang banyak di ekspor ke luar negeri oleh negara Arab. Kurma ini memiliki warna coklat teraang dengan kulit agak keriput dan kering dengan rasa manis.

5. Jenis Buah Kurma Maktoom

Memiliki bentuk agak besar dan berwarna merah kecoklatan serta memiliki kulit yang tebal dengan rasa manis dan tekstur yang lembut.

6. Buah Kurma Majol

Jenis dari kurma ini banyak mengandung air dan bentuk yang besar dengan rasa cukup manis, namun kurma ini berasal dari negara Maroko.

7. Jenis Kurma Mozafati

Sering di sebut juga dengan sebutan Kurma Bam dengan warna gelap namun tekstur lembut, memiliki ukuran sedang dengan rasa manis, jenis kurma ini banyak tumbuh di Iran, kurma ini dapat disimpan sampai 2 tahun jika di simpan di tempat penyimpanan yang bersuhu – derajat celsius sehingga sangat

8. Buah Kurma Sekki

Jenis Dari pada Buah Kurma Sekki mempunyai warna dan teksturnya terbilang lumayan unik yakni dimana pada bagian atasnya terlihat mempunyai warna yang agak kekuning-kuningan, akan tetapi jika dilihat pada bagian bawahnya berwarna agak kecokelat-cokelatan.

Sedangkan Di bagian yang memiliki warna kuning  berbentuk agak keras. Sedangkan pada bagian warna cokelat, memiliki tekstur lebih lembut dan kenyal. Untuk rasa manis yag di miiki termasuk katagori sedang.

9. Jenis Buah Kurma Thoory

Merupakan kurma yang terpopuler di negara Al Jazair. Jenis kurma Thoory ini sering di sebut juga dengan sebutan ” Kurma Thuri “ . Kurma ini memiliki warna yang cokelat agak kemerah-merahan. Akan tatapi,ketika sdan kulitnyaudah diawetkan warnanya akan  berubah menjadi agak kebiru-biruan dan menjadi keriput.

10. Jenis Kurma Sukari

Kurma Sukari berasal dari negara Arab yang saat ini menjadi kurma yang favorit karena memiliki tekstur yang lembut dan berwarna coklat yang ujungnya kekuning kuningan. Di yakini memiliki manfaat utnuk kesehatan khususnya untuk stamina dan vitalitas pria. Di sebut juga dengan kurma raja.

11. Buah Kurma Anbara

Buah Kurma Anbara merupakan jenis kurma yang berukuran cukup besar dengan daging tebal dan biji kecil. Kurma Anbara ini merupakan salah satu dari  jenis buah Kurma dengan harga mahal,karena memliki kandungan protein yang tinggi serta rasanya yang manis dengan warna coklat.

12. Buah Kurma Safawi

Kurma Safawi ini berwarna hitam, dengan daging yang tebal, dan banyak mengandung vitamin. Makanya, jenis  dari buah Kurma Safawi ini  yang salah satunya dipercaya memiliki banyak mamfaat bagi kesehatan, yaitu dapat digunakan untuk membunuh cacing yang ada di dalam perut.

Kurma Safawi banyak terdapat di Madinah karena banyakdi budidayakan di kota tersebut. Selain itu Kurma Safawi memiliki Banyak kandungan mineral dan juga memiliki sifat penyembuhan.

13. Buah Kurma Saghai

Buah Kurma Saghai banyak di budidayakan di Riyadh.Yang Memiliki warna cokelat dan agak kuning dibagian ujungnya, akan tetapi kulitnya agak keriput  namun tidak sampai dengan mengelupas.

14. Buah Kurma Amer Hajj

Buah kurma ini memeilii tekstur yang lembut dan kulitnya tipis namun dma ini berasal dari negara Irak dan sering di sebut sebagai kurma “ the visitor’s date” karena penyajiannya ketika menyambut tamu datang.

15. Buah Kurma Zaghloul

Buah Kurma Zaghloul memiliki bentuk mirip buah mlinjo yang berwarna merah tua. Buah kurma ini berasal dari negara Mesir, mengandung banyak gula, serta harganya yang cukup mahal.

16. Kurma Deglet Noor

Kurma Deglet Noor yang berati “ cahaya “ sangat pupuler dari negara Libya, Algeria, Tunisia, dan Amerika Serikat. Kurma Deglet Noor memiliki warna kuning keemasan dan memiliki rasa manis sedang.

17. Jenis Buah Kurma Khalasah

Kurma khalasah memiliki rasa manis katagori sedang, sangat di sukai oleh masyarakat Arab Saudi, dan banyak tumbuh di bagian timur Arab Saudi.

Demikialah beberapa jenis kurma yang perlu kita kenal. Supaya kita tidak keliru ketika membeli dengan jenis kurma yang kita inginkan. Terima kasih atas kunjungannya. semoga bermanfaat.

1 Response to "Mengenal Jenis Jenis Kurma"

  1. Penting juga Supaya kita tidak keliru ketika membeli dengan jenis kurma yang kita inginkan

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak