Tenggelam Dalam Lautan Informasi

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Apa itu Kelebihan Informasi?

Kita tenggelam dalam lautan informasi. Kita dibanjiri dengan berita, pandangan, opini, fakta, dan informasi setiap kali kita login ke internet atau menyalakan TV. 

Rentetan informasi yang terus-menerus dilemparkan kepada kita tanpa henti dalam siklus 24/7 membuat kita lelah dan tersesat di dunia berulang yang tidak pernah berakhir ini. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi para profesional, pelajar, dan siapa saja yang ingin fokus dan konsentrasi mempelajari seni memisahkan gandum dari sekam dan menjalani kehidupan produktif yang bermakna dan mendalam.

Misalnya, mengetahui apa yang terjadi di seluruh dunia secara instan dan tidak terputus akan menghasilkan kelelahan dalam pikiran kita dan menyebabkan kelelahan yang dapat menguras produktivitas dan menyebabkan hilangnya fokus. 

Seseorang tidak perlu mengetahui semua berita dan kejadian di Twitter, Facebook, Blog, dan di TV sepanjang waktu. 

Kecuali jika seseorang mempelajari kebiasaan memisahkan apa yang diinginkan dari apa yang tersedia, kemungkinan besar ia akan berakhir dengan apa yang disebut kelebihan informasi yang menunjukkan jumlah informasi yang luar biasa yang terus-menerus dibombardir.

Konsekuensi dari Informasi yang Berlebihan

Banyak perusahaan telah melarang situs media sosial dan bahkan situs internet dalam upaya untuk membuat karyawan fokus pada pekerjaan. 

Terlepas dari langkah-langkah ini, banyak karyawan masih menemukan cara dan sarana untuk mendapatkan pembaruan dan masuk ke situs lain seperti pecandu yang akan melakukan apa saja untuk memperbaikinya. 

Meskipun kami tidak menentang mendapatkan fakta dan informasi dari berbagai sumber dalam upaya untuk tetap terdepan, apa yang kami anjurkan adalah tren terus bergerak dengan berselancar terus menerus yang dapat memiliki efek samping yang merugikan. 

Harus diingat bahwa kecenderungan ini ketika lepas kendali sama buruknya dengan kecanduan zat psikotropika dan seperti itu dapat menyebabkan rentang perhatian yang lebih pendek, kebutuhan akan kepuasan instan, dan perasaan umum yang letih.

Karyawan yang benar-benar produktif adalah mereka yang tidak melakukan banyak tugas atau menghabiskan waktu berjam-jam menonton skor pertandingan besar atau berita dan acara terbaru dari seluruh dunia. 

Memang, salah satu alasan mengapa bankir dan konsultan investasi banyak dicari adalah karena mereka telah belajar membedakan antara tren jangka pendek dan tren sesaat, dan sebaliknya, mendeteksi tren dan ekstrapolasi jangka panjang dari informasi yang ada yang bermakna dan masuk akal secara bisnis.

Kejutan Saat Ini dan Generasi Y (milenial) dan Dampaknya terhadap Masyarakat dan Bisnis

Generasi Y saat ini tumbuh tanpa mengetahui bagaimana rasanya hidup tanpa internet atau TV. 

Ini berarti perhatian mereka terhadap detail sesingkat SMS samar (Short Messaging Service) atau Tweet dan oleh karena itu, banyak pakar pekerjaan dan gaya hidup khawatir bahwa aspek ini akan membawa kita ke situasi di mana kita melupakan hal yang lebih lama dan lebih dalam. 

Narasi dan sebagai gantinya, puas dengan momen singkat yang membawa kita ke "Kejutan Saat Ini" di mana kedekatan lebih penting daripada jangka panjang dan di mana saat ini menguasai kita yang mengarah ke rasa disorientasi secara umum. 

Ini bukanlah cara bisnis dan institusi dibangun pada dekade-dekade sebelumnya dan waktu yang terus berubah dan selalu berubah ini terbukti menjadi tantangan bagi pemasar, pembuat kebijakan, dan pemimpin bisnis.

Mengelola Kelebihan Informasi

Terlepas dari ini, inti masalahnya adalah ketika kita dibanjiri dengan informasi yang berlebihan, ada bahaya bahwa kita mungkin kehilangan informasi penting dan sebaliknya, mengambil omong kosong dan omong kosong dari sumber informasi yang akan mengarah pada situasi di mana bisnis membuat keputusan yang salah berdasarkan informasi yang salah dan asumsi yang salah. 

Inilah bahaya yang ditimbulkan oleh informasi yang berlebihan kepada kita dan lebih baik cepat daripada nanti bahwa kita sebagai individu belajar untuk "mematikan" bila diperlukan dan menguasai seni mengelola terlalu banyak informasi dan mengembangkan keterampilan menemukan data yang tepat daripada memperhatikan data yang tidak berarti.

0 Response to "Tenggelam Dalam Lautan Informasi"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak