Lelah Yang Allah Suka

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Letih yang Disukai Allah

ุจุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู… 

Tazkiyatun Nafs

ุฃَุชْุนِุจْ ุฌِุณْู…َูƒَ ูˆَู„َุง ุชُุชْุนِุจْ ุนَู‚ْู„َูƒَ

"Tired of your body don't tire your mind"

"Penatkan tubuhmu jangan penatkan pikiranmu."

Penjelasan:

1️⃣. Kalau hanya tubuh yang letih, maka seseorang masih bisa digerakkan dengan jiwa dan hatinya yang penuh semangat, sebagaimana Syaikh Ahmad Yassin dari kursi rodanya, ia bisa memimpin perjuangan rakyat Palestina.

2️⃣. Tubuh yang besar dan kuat akan malas bergerak jika hati dan akalnya lelah, sebagaimana ada orang yang rumahnya di samping masjid tetapi ia berat melangkah ke rumahnya karena hatinya tidak terpaut ke masjid.

3️⃣. Sebaik-baiknya letih adalah letih dalam melakukan keta’atan kepada Allah dan seburuk-buruknya letih adalah letih dalam bermaksiat kepada-Nya.

4️⃣. Letih di jalan Allah mendatangkan kebahagian sedangkan letih dalam bermaksiat hanya mendatangkan kenikmatan yang sementara.

5️⃣. Adapun letih yang dicintai Allah adalah sebagai berikut: 

a). Letih dalam berjihad di jalan-Nya 

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman: 

ุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ุงุดْุชَุฑَู‰ٰ ู…ِู†َ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠู†َ ุฃَู†ْูُุณَู‡ُู…ْ ูˆَุฃَู…ْูˆَุงู„َู‡ُู…ْ ุจِุฃَู†َّ ู„َู‡ُู…ُ ุงู„ْุฌَู†َّุฉَ

"Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka." (QS. At Taubah: 111)

b).=>> Letih dalam berdakwah. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

ูˆَู…َู†ْ ุฃَุญْุณَู†ُ ู‚َูˆْู„ًุง ู…ِู…َّู†ْ ุฏَุนَุง ุฅِู„َู‰ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَุนَู…ِู„َ ุตَุงู„ِุญًุง ูˆَู‚َุงู„َ ุฅِู†َّู†ِูŠ ู…ِู†َ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِูŠู†َ

Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?" (QS. Fushilat: 33)

c). Lelah dalam mengandung, melahirkan dan menyusui.

ูˆَูˆَุตَّูŠْู†َุง ุงู„ْุฅِู†ْุณَุงู†َ ุจِูˆَุงู„ِุฏَูŠْู‡ِ ุญَู…َู„َุชْู‡ُ ุฃُู…ُّู‡ُ ูˆَู‡ْู†ًุง ุนَู„َู‰ٰ ูˆَู‡ْู†ٍ ูˆَูِุตَุงู„ُู‡ُ ูِูŠ ุนَุงู…َูŠْู†ِ ุฃَู†ِ ุงุดْูƒُุฑْ ู„ِูŠ ูˆَู„ِูˆَุงู„ِุฏَูŠْูƒَ ุฅِู„َูŠَّ ุงู„ْู…َุตِูŠุฑُ

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. Luqman: 14)

d). Lelah dalam beribadah dan beramal sholeh.

  ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ุฌَุงู‡َุฏُูˆุง ูِูŠู†َุง ู„َู†َู‡ْุฏِูŠَู†َّู‡ُู…ْ ุณُุจُู„َู†َุง ۚ ูˆَุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ู„َู…َุนَ ุงู„ْู…ُุญْุณِู†ِูŠู†َ

"Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik." (QS. Al Ankabut: 69)

d). Lelah dalam mencari harta yang halal.

ูَุฅِุฐَุง ู‚ُุถِูŠَุชِ ุงู„ุตَّู„َุงุฉُ ูَุงู†ْุชَุดِุฑُูˆุง ูِูŠ ุงู„ْุฃَุฑْุถِ ูˆَุงุจْุชَุบُูˆุง ู…ِู†ْ ูَุถْู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَุงุฐْูƒُุฑُูˆุง ุงู„ู„َّู‡َ ูƒَุซِูŠุฑًุง ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชُูْู„ِุญُูˆู†َ

"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." (QS. Al Jumuah: 10)


e). Lelah dalam mengurus keluarga. 

ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ู‚ُูˆุง ุฃَู†ْูُุณَูƒُู…ْ ูˆَุฃَู‡ْู„ِูŠูƒُู…ْ ู†َุงุฑًุง ูˆَู‚ُูˆุฏُู‡َุง ุงู„ู†َّุงุณُ ูˆَุงู„ْุญِุฌَุงุฑَุฉُ ุนَู„َูŠْู‡َุง ู…َู„َุงุฆِูƒَุฉٌ ุบِู„َุงุธٌ ุดِุฏَุงุฏٌ ู„َุง ูŠَุนْุตُูˆู†َ ุงู„ู„َّู‡َ ู…َุง ุฃَู…َุฑَู‡ُู…ْ ูˆَูŠَูْุนَู„ُูˆู†َ ู…َุง ูŠُุคْู…َุฑُูˆู†َ

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (QS. At Tahrim: 6)

f). Lelah dalam menuntut ilmu. Allah berfirman,

ูŠَุฑْูَุนِ ุงู„ู„َّู‡ُ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ู…ِู†ูƒُู…ْ ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ุฃُูˆุชُูˆุง ุงู„ْุนِู„ْู…َ ุฏَุฑَุฌَุงุชٍ

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat” (QS. Al-Mujadilah: 11)


g). Lelah dalam cobaan hidup.

ูˆَู„َู†َุจْู„ُูˆَู†َّูƒُู…ْ ุจِุดَูŠْุกٍ ู…ِู†َ ุงู„ْุฎَูˆْูِ ูˆَุงู„ْุฌُูˆุนِ ูˆَู†َู‚ْุตٍ ู…ِู†َ ุงู„ْุฃَู…ْูˆَุงู„ِ ูˆَุงู„ْุฃَู†ْูُุณِ ูˆَุงู„ุซَّู…َุฑَุงุชِ ۗ ูˆَุจَุดِّุฑِ ุงู„ุตَّุงุจِุฑِูŠู†َ

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar." (QS. Al Baqoroh: 155)

Semoga bermanfaat Sallam bahagia Sukses Dunia Akhirat Aamiin.

0 Response to "Lelah Yang Allah Suka"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak