Tanda-tanda Tubuh Terlalu Banyak Mengkomsumsi Gula

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiap langkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman

Gula bisa di bilang merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Bisa di katakan, Gula juga merupakan bahan yang wajib ada di dapur. 

Kebanyakan dari kita, tidak lengkap rasanya jika mengkomsumsi sesuatu tanpa gula. 

Contoh saja jika kita mau minum teh, atau kopi, gorengan pun juga bisa. Tidak "enak" jika tanpa gula.

Berlebihan mengkomsumsi gula juga ada efek negatif bagi tubuh maupun kesehatan. Misalnya saja, kita mudah lemas melakukan aktivitas. 

Dan bisa saja menimbulkan rasa malas karena keseringan mengkomsumsi gula. Bahkan, gejala diabetes pun tidak lepas dari pengaruh gula. 

Ada beberapa tanda-tanda atau gejala jika orang sudah mengkomsumsi gula secara berlebihan.

1. Tubuh Lemas.

Ahli diet asal New York (Laura Burak) mengatakan, terlalu mengkomsumsi gula tanpa di imbangi dengan lemak dan protein mengakibatkan kadar gula darah menurun. 

Hal ini memicu lonjakan energi, tetapi di barangi dengan penurunan energi. Dampaknya, tubuh menjadi lemas. Terkadang rasa kantuk cepat datang.

2. Perut Kembung.

Bakteri jahat senang memakan gula dan menghasilkan gas. Hal ini dikutip oleh Harpers Bazaar. Produksi gas yang berlebihan bisa membuat perut kembung, dan berakhir dengan rasa sakit perut yang tidak nyaman.

3. Kenaikan Berat Badan.

Profesor Sharon Bergquist mengatakan, kelebihan glukosa di ubah menjadi glikogen lalu disimpan di otot dan rongga hati. 

Saat penyimpanan glikogen melebihi batas maksimal, maka glukosa yang masih tersisa akan menjadi lemak. 

Seiring waktu, lemak bertumpuk di bagian obyek vital seperti jantung, hati, dan pankreas. Pada akhirnya, kenaikan berat badan pun melonjak.

4. Tumbuh Jerawat.

Medical News dalam acaranya tahun 2018 mengatakan bahwa, studi mahasiswa China mengemukakan mereka sering mengkomsumsi minuman pemanis sebanyak 7x dalam seminggu beresiko menimbulkan jerawat di wajah.

5. Susah Tidur.

Jika anda berlebihan mengkomsumsi gula di malam hari, maka di pastikan anda menjadi susah tidur. 

Mengkomsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula terkadang meningkatkan energi dengan cepat. 

6. Adiksi Terhadap Makanan Manis.

Adiksi atau perasaan nyaman (suka) terhadap gula bisa mengakibatkan anda tergiur atau menginginkan makanan yang mengandung gula secara terus menerus. 

7. Penuaan Dini.

Mengkomsumsi gula secara berlebihan dapat mengakibatkan rusaknya protein, kolagen, dan elastin kulit. Sehingga memunculkan kerutan di bagian wajah.

Nah ini dia tanda-tanda jika kita sudah over dalam mengkomsumsi gula. Bagaimanakah takaran dalam komsumsi gula secara sehat dan teratur? 

Kementerian Kesehatan Indonesia telah mengeluarkan pendapat bahwa, komsumsi gula yang sehat dan baik ialah 50 gram. Dan angka tersebut dianggap aman untuk gula harian.

0 Response to "Tanda-tanda Tubuh Terlalu Banyak Mengkomsumsi Gula"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak