Kematian Itu Pasti

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiaplangkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman

Kematian Itu Pasti

Banyak orang tidak mau keluar wilayah hanya karena takut mati, padahal kematian itu lebih banyak ditempat tidur. 

Di sisi lain kita juga tidak mengetahui kapan dan dimana kematian itu akan datang, yang harus kita ingat kalau mati itu pasti.

وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

"Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." (QS. Luqman : 34).

Ibnu Katsir mengatakan ayat tersebut menjelaskan tentang kapan waktu dan tempat ketika kematian menjemput hanya Allah yang tahu. 

Rasulullah dalam sebuah hadis menjelaskan, apabila Allah berkehendak mencabut nyawa seseorang di suatu negeri maka Allah akan menjadikan keperluan bagi orang tersebut di negeri itu.

0 Response to "Kematian Itu Pasti"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak