Wanita Dan Dakwah

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

WANITA DAN KEWAJIBANNYA DALAM DAKWAH

Pertanyaan :

Sekiranya anda berkenan kepadaku wahai Yang Mulia Syeikh tentang wanita dan dakwah, apa pendapat anda?

Jawab :

Wanita itu seperti lelaki memiliki kewajiban berdakwah dan mengingkari kemungkaran, karena mengajarkan ilmu itu meliputi semua kalangan, al-quran itu meliputi kalangan, as-sunnah itu meliputi semua kalangan, dan ucapan para ulama itu meliputi semua kalangan, maka wajib atasnya berdakwah dan menegakkan amar makruf dan nahi mungkar dengan adab-adab syar'i yang dituntut dari lelaki.

Bersama itu pula wajib atasnya tidak terbawa oleh apa yang dia tegakan berupa berdakwah, membimbing dan mengingkari kemungkaran kepada berkeluh kesah atau sedikit bersabar terhadap hinaan sebahagian manusia atau cacian dan ejekan mereka terhadap dirinya atau semisal hal itu, bahkan wajib dia memikulnya dan bersabar meskipun dia melihat dari sebahagian manusia apa yang itu termasuk ejekan atau cacian atau hinaan. 

Kemudian juga wajib dia memperhatikan perkara lain yaitu dia menjadi contoh dalam hal berhijab dari lelaki ajnabi dan menjauhkan diri dari tabarruj dan ikhtilat yang tercela. 

Bahkan dakwahnya adalah disertai perhatian dan menjauh dari segala hal yang menjadikannya tercoreng, jika dia mendakwahi para lelaki dia mendakwahi mereka dalam keadaan tetap berhijab tanpa berkhalwat, dan jika dia mendakwahi para wanita dia mendakwahi mereka dengan cara hikmah dan hendaklah dia bersih dalam segi akhlak dan perilakunya hingga mereka tidak menentangnya dan mengatakan: 

Dia tidak memulai pada dirinya sendiri? mengapa dia tidak memulai pada dirinya sendiri?

Dan demikian harus menjauh dari pakaian yang terkadang dengannya dia membuat manusia terfitnah dan menjauh dari menampakkan keindahan lekukan tubuh pada apa yang berkaitan dengan dakwahnya kepada para lelaki, bahkan dia harus menjauh dari seluruh sebab-sebab terfitnahnya para lelaki, menjauh dari seluruh sebab-sebab fitnah.

Bahkan dia harus berhijab dan menjauh dari sebab-sebab fitnah dari menampakkan keindahan lekukan tubuh atau melembutkan suara yang menjadikan dia diimpikan atau selainnya dari apa yang menjadikan dia tercoreng, bahkan seharusnya yang ada pada dirinya adalah perhatian penuh terhadap dakwah dengan cara yang tidak merugikan agamanya dan tidak merugikan nama baiknya, dan demikian pula bersama para wanita. 

https://binbaz.org.sa/fatwas/7555/ุงู„ู…ุฑุฃุฉ-ูˆูˆุงุฌุจู‡ุง-ููŠ-ุงู„ุฏุนูˆุฉ-ุฅู„ู‰-ุงู„ู„ู‡

Jadilah Bermanfaat Sallam Bahagia Sukses Dunia Akhirat Aamiin.

0 Response to "Wanita Dan Dakwah "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak