Tanda Fungsi Ginjal Menurun

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiaplangkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman.

TANDA TANDA GINJAL MULAI MENURUN FUNGSINYA

Ginjal merupakan organ filtrasi utama yang bertanggung jawab untuk membersihkan limbah dari tubuh. 

Ginjal menyaring sekitar 190 liter darah dan membersihkan hingga 2 liter air per hari.

Dengan melakukan ini, berarti Ginjal-lah yang mengatur tekanan darah dan mampu memproduksi hormon yang dibutuhkan tubuh kita. Jika fungsinya terganggu, tubuh akan mengalami penumpukan racun dan berbagai kondisi serta sejumlah penyakit.

Inilah alasannya, mengapa sangat penting untuk mengenali tanda-tanda jika fungsi ginjal Anda berkurang & tidak bereaksi tepat waktu. 

Berikut Delapan Gejala Utama yang menunjukkan ginjal Anda tidak bekerja dengan baik.

1. Perubahan buang air kecil

Jika Anda merasa ingin selalu buang air kecil, atau urine Anda berubah warna dan berbau, mungkin ini menjadi tanda fungsi ginjal Anda terganggu. 

Segera periksa urine Anda, jika berbusa atau bergelembung, mungkin ini menjadi tanda adanya masalah ginjal. Jika Anda melihat ada perubahan pada urine Anda, segera kunjungi dokter.

2. Edema

Retensi air disebabkan karena penurunan fungsi ginjal dan dapat mengakibatkan pembengkakan pada wajah, kaki, dan pergelangan kaki.

3. Kelelahan

Ginjal menghasilkan hormon yang disebut Erythropoietin yang terlibat dalam penciptaan sel darah merah dan bertanggung jawab untuk pengangkutan oksigen ke sel-sel tubuh. Jika ginjal terganggu, produksi hormon akan berkurang, yang mengakibatkan anemia, kelelahan, pusing, dan sulit fokus.

4. Nyeri di punggung bawah

Sakit punggung juga dapat berhubungan dengan penyakit ginjal. Punggung dan nyeri pinggang, terkadang juga disebabkan oleh infeksi saluran kemih.

5. Rasa logam di mulut

Akumulasi racun dalam ginjal dapat menyebabkan rasa logam di mulut, dan dapat menyebabkan bau mulut.

6. Masalah kulit

Jika tidak ada oksigenasi dan penyaringan darah yang tepat, racun akan menumpuk di dalam darah dan menyebabkan ruam, jerawat, alergi, serta gatal-gatal.

7. Kedinginan

Jika Anda merasa dingin sepanjang waktu, terlepas dari pengaruh musim, mungkin ini merupakan tanda dari penyakit ginjal.

8. Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Ginjal bermasalah dapat menyebabkan banyak masalah dalam sistem kardiovaskular. Retensi air dan natrium dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Dan jika tidak diobati dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis.

Cara menjaga agar ginjal tetap sehat dapat dilakukan dengan konsumsi berbagai jenis buah dan sayur yang ditemukan sehari hari. 

Gejala penyakit ginjal tidak akan terjadi jika anda mau meluangkan waktu untuk mengkonsumsi beberapa buah yang dipercaya dapat menyehatkan ginjal.

Buah-buahan dan Sayuran yang dapat menjaga ginjal tetap sehat, antara lain :

01. Buah Strawberry. Mempunyai zat Anthocyanin ellagitannis yang menyehatkan kondisi ginjal

02. Labu Siam. Melindungi dan menyehatkan fungsi ginjal agar selalu bisa mengeluarkan sampah dari sisa makanan yang telah kita makan dengan lancar.

03. Buah Sheri. Membuat ginjal dalam kondisi terbaik ketika harus menyaring darah dan mengeluarkan racun yang kemudian dialirkan menuju kandung kemih.

04. Buah Semangka. Dapat menyehatkan ginjal dan mencegah terjadinya pengendapan batu ginjal

05. Kacang Merah. Dapat menyehatkan ginjal dan menghancurkan batu ginjal

06. Seledri Organik. Dapat menyehatkan ginjal dan menggagalkan pembetukan batu ginjal

07. Daun Kemangi. Jika rajin minum air rebusan daun kemangi, ginjal akan selalu produktif dan sehat.

08. Buah Delima Tua. Melancarkan ginjal dalam mengeluarkan racun lewat urin dan mencegah pengendapan batu ginjal

09. Buah Jeruk Bali. Mampu melindugi dan menjaga fungsi ginjal dari kerusakan dan kekeringan akibat minimnya air didalam tubuh.

10. Buah Apel Hijau atau Apel Malang. Menyehatkan ginjal dan mendukung kelancaran kinerja ginjal sampai berhasil membuang limbah racun kedalam kandung kemih

11. Anggur Merah, Hijau & Ungu. Semua jenis Anggur bernutrisi tinggi, tetapi Anggur Merah dipercaya lebih mampu menyehatkan ginjal dan membantu memperkuat fungsi ginjal.

12. Kembang Kol. Dapat membantu ginjal dalam mengeluarkan racun dalam tubuh dengan lancar dan dapat membuat ginjal semakin sehat

13. Sayur Buncis. Dapat menyehatkan ginjal dan melindungi kadar gula darah tetap pada posisi seimba

14. Lobak Tua. Menyehatkan ginjal dan dapat membantu melancarkan pembuangan racun menuju tempat pembuangan terakhir yaitu kandung kemih

15. Bawang Putih. Anti bakteri dan mampu menyembuhkan infeksi, luka dan radang pada dinding maupun bagian dalam ginjal

16. Bawang Merah. Mampu menetralisir sisa sisa  racun yang ada pada ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal secara sistemat

17. Minyak Zaitun asli. Dapat menyehatkan ginjal sekaligus menghambat oksidasi pada tubuh

18. Ketimun. Bersifat , mencegah dehidrasi dan mampu memnbersihkan ginjal

19. Aparagus. Menyehatkan ginjal dan menjaga fungsi ginjal agar selalu baik

20. Jagung Muda ( Jagung Kecil). Dapat mengahancurkan dan mengeluarkan serpihan batu ginjal didalam kandung kemih dan dapat juga menyehatkan ginjal

21. Jamur. Dapat menyehatkan ginjal dan membantu proses pembuangan racun limbah sisa sisa makanan kesaluran kandung kemih

22. Paprika Merah. Dapat memperbaiki fungsi ginjal dan menyehatkan ginjal

23. Wortel. Dapat menyehatkan ginjal dan mencegah pengendapan batu ginjal di kandung kemih

24. Buah Naga. Untuk memperbaiki dan melancarkan fungsi ginjal  serta mampu menghancurkan pengendapan batu ginjal dikandung kemih

25. Buah Tomat. Menyehatkan ginjal dan mencegah serta mengahancurkan batu ginjal dalam kandung kemih

26. Kulit Buah Labu Bligo. Dapat menyembuhkan peradangan didalam jaringan ginjal dan memperbaiki sistem saluran kandung kemih yang tersendat-sendat

27. Perteseli. Dapat mmperkuat dan meningkatkan fungsi jantung sekaligus membantu pengeluaran racun siasa makanan menuju kandung kemih

28. Buah Kiwi. Menyehatkan jaringan  ginjal dan menghambat dan mencegah terjadinya gagal ginjal

29. Buah Balewah (Labu Besar). Menyehatkan dan meguatkan fungsi ginjal

30. Rebusan Daun Sukun. Dapat menyehatkan ginjal dan membantu melancarkan pembuangan racun dalam tubuh melalui saluran kandung kem

31. Buah Manggis. Menjaga kesehatan ginjal dan mencegah ginjal mengalami peradangan akibat infeks

32. Buah Merah. Menyehatkan dan membersihkan ginjal

33. Buah Blue-Berry Tua. Memcegah dan mengobati peradangan pada ginjal akibat infeksi bakte

34. Kecambah Kacang-Hijau, Kedelai, Tauge. Dapat membantu mencegah pengendapan batu ginjal dan membersihkan jaringan dalam dari ginjal

Selain Buah-buahan dan Sayuran yang tertulis diatas, Ikan Tuna dapat juga menyehatkan ginjal dan memperbaiki fungsi ginjal agar selalu optimal

0 Response to "Tanda Fungsi Ginjal Menurun"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak