Ketika Allah Tidak Memberimu

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.


Ketika Allah Tidak Memberimu, Maka Ia Telah Memberimu

Tazkiyatun Nafs

ุฑُุจَّู…ุงَ ุฃَุนْุทَุงูƒَ ูَู…َู†َุนَูƒَ ูˆَุฑُุจّู…َุง ู…َู†َุนَูƒَ ูَุฃَุนْุทَุงูƒَ 

"Kadang-kadang Allah memberimu, kadang-kadang Dia menahan anugerah untukmu. Kadang-kadang Allah tidak memberi untukmu meskipun Dia telah memberi untukmu." (Ibnu Athaillah)

Penjelasan:

1. Tidak ada manusia yang Allah berikan semuanya, terkadang Allah memberikan kesenangan dunia kepada seseorang tetapi Dia tidak memberikan taufiq dan hidayah kepadanya, sebaliknya kadang Allah tidak memberimu anugerah kekayaan dunia, tetapi Dia memberikan rahmat dan hidayah-Nya.

2. Allah tidak menakdirkan seseorang kaya, terkadang untuk memberi kesempatan kepadanya untuk ta’at dan menghindarkannya dari maksiat dan kezhaliman.

3. Imam Muhyiddin Ibnul Araby berkata, "Apabila suatu permohonan ditahan berarti kamu telah diberi. 

Akan tetapi bila permintaanmu segera diberi, berarti suatu anugerah yang lebih besar telah ditolak. 

 Oleh karena diutamakan tidak memperoleh daripada memperoleh. Sesungguhnya seorang hamba tidak memilih sendiri akan tetapi menyerah kepada iradat Allah, Yang Menciptakan semua kebutuhan manusia dan Yang Membagi-bagikannya".

4. Syaikh Ibnu Athaillah berkata, "Jiika Allah ta’ala membukakan untukmu pintu pemahaman dalam penolakannya, maka akan berubah penolakan tersebut menjadi pemberian".

5. Ketahuilah ketika Allah memberikan ni’mat kepada seseorang, itu bukan tanda Allah memuliakannya; dan ketika Dia menahan ni’mat-Nya bukan berarti Allah menghinakannya.

6. Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata,

ุฅِู†َّ ุงู„ู„ู‡َ ูŠُุนْุทِูŠ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ู…َู†ْ ูŠُุญِุจُّ ูˆَู…َู†ْ ู„ุงَ ูŠُุญِุจُّ ، ูˆَู„ุงَ ูŠُุนْุทِูŠ ุงู„ุฅูŠْู…َุงู†َ ุฅِู„ุงَّ ู…َู†ْ ูŠُุญِุจُّ

“Sesungguhnya Allah memberi dunia pada orang yang Allah cinta maupun tidak. Sedangkan iman hanya diberikan kepada orang yang Allah cinta."

๐Ÿ’• ุงَู„ู„ู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ ๐Ÿ’•

0 Response to "Ketika Allah Tidak Memberimu"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak