Unik Dan Gaibnya Sedekah

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

UNIK DAN GHAIBNYA SEDEKAH

Oleh : Andre Raditya

Sedekah itu teramat unik..
Ia tak seperti zakat yang memiliki aturan ketat. Sedekah, jauh lebih luwes dan bahkan hampir-hampir tidak ada aturannya..

Bayangkan.. untuk bisa berzakat saja. Nggak bisa hanya sekedar niat. Jika si muzaki belum punya harta setara 85grm emas (Nisob) dan hartanya belum mengendap selama 1 tahun (Haul), mau ngotot bayar zakat juga belum bisa.

Belum lagi saat ingin menyalurkannya. Pun harus kepada golongan tertentu.. yaitu 8 asnaf yang sudah jelas diatur dalam Al Qur'an. Ada fakir, miskin, budak, gharim, ibnu sabil, mujahid, mualaf dan amil.
Artinya, begitu ketat aturannya..

Begitu berbeda dengan sedekah yang sangat luwes.

Boleh dikeluarkan kapan saja..
Besarnya boleh berapa saja..
Dalam bentuk apa saja..
Bahkan, (dan ini yang menurut saya paling unik) BOLEH KEPADA SIAPA SAJA..

Nggak harus selalu kepada yang miskin, nggak harus selalu kepada yang butuh, nggak harus selalu kepada yang kelaparan.

Lama saya mencari tahu, apa hikmahnya..
Sampai akhirnya saya mendapatkan  jawabannya lewat seorang guru yang menjelaskan demikian.
"Sedekah itu.. meniru sifat Alloh yang maha pemberi. Maka siapa yang sedekah, ia sedang meniru sifat Dzat yang Maha Tinggi. Pantaslah jika ia (orang yang bersedekah) itu mulia".

Coba diperhatikan..
Alloh itu memberi rezeki kepada siapa saja..
Yang iman diberi, yang kafir diberi.
Yang taat diberi, yang maksiat diberi.
Yang pandai diberi, yang bodoh diberi.
Yang rajin diberi, yang malas pun diberi.
Yang di atas bumi diberi rezeki, yang di bawah bumi diberi rezeki, yang di langit pun diberi rezeki.
Semua diberi rezeki tanpa terkecuali.

Dan ada hikmahnya kenapa Alloh bersifat demikian.. Karena ternyata lewat jalan itulah terkadang seorang hamba menemukan hidayah dan iman yang bertambah kepada Alloh.

Ada misalnya ahli maksiat yang terus diberi rezeki oleh Alloh..
dan seiring waktu, rupanya di satu moment, ia tersadar akan besarnya rasa kasih sayang Alloh kepadanya. Ia sadar akan maksiatnya, dan malu dengan segala macam rezeki yang Alloh berikan kepadanya.. lalu bertaubat.

Coba bayangkan, jika semua orang yang maksiat mati kelaparan karena tak ada rezeki. Apakah ada orang yang akan bertaubat?? Justru tak ada..

Sebab sebelum pikirannya menemukan Alloh. Ajalnya sudah menjemput.

Sama dengan sedekah..
Ketika ada hamba Alloh yang bersedekah.. maka sistem Alloh akan bekerja mempertemukan harta sedekah dengan yang ditakdirkan menerima sedekah. Dan bisa jadi, lewat itulah hidayah Alloh masuk ke dalam hati.

Hal ini pernah dikonfirmasi oleh Rasululloh sholallahu'alaihi wassalam..
Baginda pernah bercerita,
(Hadis ini diriwayatkan juga oleh Imam Bukhari dalam Shahih-nya. Terdapat dalam Kitab az-Zakat. Bahasa cerita saya tulis dengan gaya bahasa saya)

Bahwa dahulu ada orang yang ahli sedekah ingin bersedekah secara diam-diam. Maka ia pun keluar rumah di malam hari dan meletakkan sedekah kepada seseorang yang ia kira miskin. Ternyata orang ini adalah pencuri.

Di pagi hari.. pencuri ini bercerita kepada orang lain bahwa semalam ia menerima sedekah dari seseorang, hingga kabar pun cepat meluas tersebar bahwa ada orang yang bersedekah kepada pencuri.

Sang laki-laki ini pun menyesal dan berdoa kepada Alloh. "Ya Alloh, segala kebaikan hanya milikMu, sedekahku jatuh di tangan pencuri. Malam ini, aku akan bersedekah kembali.."

Sebab merasa sedekahnya tidak punya nilai amal dan hilang bagaikan debu. Lalu bertekad akan kembali bersedekah esok harinya.

Maka di malam kedua ia kembali keluar dan memberikan sedekah kepada seseorang wanita yang dikiranya miskin. 

Namun ternyata wanita ini adalah seorang pelacur.

Pelacur ini melakukan seperti yang dilakukan pencuri tadi. Tak butuh waktu lama, beritanya menyebar luas.

Semoga Bermanfaat Sallam Bahagia Sukses Dunia Akhirat Aamiin.

0 Response to "Unik Dan Gaibnya Sedekah "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak